LOGO STARBUCKS
Kalo kita lihat tulisan diatas pasti sudah
gak heran dong, apa si starbucks? Pasti sudah tidak asing lagi mendengar
kalimat starbucks, starbucks adalah kopi yang sangat terkenal dipenjuru dunia
dan yang pasti gak akan lupa deh dengan apa yang starbucks berikan yaitu cita
rasa yang tak terkalahkan deh. Dengan berbagai rasa yang starbucks sediakan
jadi gak akan bosan deh dengan variasi rasa yang disediakan, dan
ngomong-ngomong ada yang tau gak ya sejarah dari logo starbucks itu sendiri.
Perhatikan yuk sejarah dah perubahan dari logo starbucks dibawah ini:
SEJARAH LOGO STARBUCKS
Logo asli
berasal pada tahun 1971 yang dibuat setelah abad ke-15 Norse ukiran kayu dan
gambar dua ekor putri duyung mitos sirene. Sirene adalah mitologi yang berasal
dari Yunani yang merupakan sosok perempuan menarik dan tak tertahankan,
biasanya half-fish/half-women (berbagai putri duyung). Tujuan sirene adalah
untuk merayu pelaut berlayar di laut dengan lagu menarik yang paling kuat, dan
sering terjadi rentan kematian malang pelaut yang tidak bisa menahan godaan.
Dengan skema warna cokelat kopi cincin melingkar mengelilingi sosok putri
duyung mitologis berisi teks Starbucks-Coffee-Tea-Spices. Keseluruhan gambar
dirancang dengan menyerupai label cerutu pita. Simbolisme sirene putri duyung
tidak dimaksudkan untuk menyarankan runtuhnya pelanggan yang membeli kopi tapi
mewakili kualitas menarik dan menggoda dari kopi itu sendiri. Selama tiga puluh
lima tahun terakhir logo Starbucks telah mengalami beberapa perubahan yang signifikan,
namun tetap mengikuti tema yang asli.
PERUBAHAN
LOGO STARBUCKS
Logo Pertama
Versi awal logo Starbucks diperkenalkan pada tahun 1971, karya
dari Terry Heckled. Tampak disana gambaran siren berekor dua dalam sebuah
lingkaran yang berwarna coklat. Maksudnya ternyata melambangkan kopi yang
memiliki efek memperkuat dan kesan menggoda dari kopi itu sendiri.
Namun, ternyata logo ini mengundang banyak kontroversi. Bagaimana tidak, karena disana diperlihatkan siren yang bertelanjang dada. Akhirnya dengan terpaksalah direvisi logo tersebut agar tidak menimbulkan kesan yang tidak-tidak.
Namun, ternyata logo ini mengundang banyak kontroversi. Bagaimana tidak, karena disana diperlihatkan siren yang bertelanjang dada. Akhirnya dengan terpaksalah direvisi logo tersebut agar tidak menimbulkan kesan yang tidak-tidak.
Logo Kedua
Pada
revisi ini, rambut siren diperpanjang menutupi dada si siren. Logo yang
direvisi pada tahun 1987 ini membuat sebuah perubahan besar. Yaitu pada warnanya,
dirubah total menjadi warna hijau. Maksudnya adalah mengibaratkan pertumbuhan,
kesegaran, keunikan, dan kemakmuran dari perusahaan yang berkembang pesat
Namun
tetap saja, logo yang sudah direvisi ini mengundang kontroversi. Alasannya
karena posisi siren tersebut yang masih tetap memperlihatkan badannya.
Logo Ketiga
Logo
ini mengalami revisi pada tahun 1992, dengan menurunkan posisi gambar siren
atau lebih terkesan close up. Sehingga hanya memperlihatkan wajah siren, dan
hanya sedikit sekali badan siren. Pusarnya pun hilang di logo ketiga ini.
Logo Keempat
Logo ini mengalami revisi baru-baru ini terkait dengan ulang tahun
Starbucks ke 40. Lalu apa yang berbeda dari logo ini? Pada logo ini, lingkaran
dan tulisa Starbucks Coffee dihapuskan. Sehingga hanya memperlihatkan gambar
siren yang close up. Tak hanya itu, logo ini dibuat dengan hanya 1 warna, yaitu
hijau.
Namun lagi-lagi, ternyata logo baru ini mendapat banyak kecaman terutama dari beberapa desainer. Karena logo ini hanya berupa gambar tanpa kata-kata. Ditambah lagi, logo ini dianggap membuat kuat kesan siren itu sendiri.
Makna Logo
Tentu di balik perubahan-perubahannya, Starbucks tidak tanpa
alasan mengubah logonya. Terutama logo terakhir ini. Mereka dengan berani
menghilangkan kata "coffee" yang memang menjadi identitas mereka.
Ternyata Starbucks mulai berpikir ke dunia luar, tidak hanya pada kopi saja. Karena dengan "Out of Coffee", mereka akan dengan bebas berinovasi lebih banyak, dan akan menawarkan produk-produk di luar kopi. Tentunya tanpa menghilangkan esensi mereka, yaitu kopi.
Dikatakan juga, siren yang khas pada logo Starbucks kini sudah tanpa belenggu lingkaran lagi setelah 40 tahun. Dan dengan senyumannya yang khas, akan menyusul brand-brand terkenal lainnya seperti logo centang pada Nike, apel tergigit pada Apple. Logo-logo tersebut sangat sederhana, tanpa nama, namun tetap menjadi nomor 1 di dunia. Itulah yang diincar oleh Starbucks.
Wow, jadi tahu serba-serbi dan makna logo Starbucks. Jujurly saya juga belum pernah nyoba starbucks wkwkwk. Yuk kunjungi :
BalasHapusWebsite kami