SIMULASI GAME ANGRY BIRDS
Simulasi adalah
suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state
of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum
menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau
sistem yang abstrak tertentu. Teknik simulasi adalah teknik untuk
merepresentasikan atau meniru kondisi real (suatu sistem nyata) dalam bentuk
bilangan dan simbol (dengan memanfaatkan program komputer), sehingga menjadi
mudah untuk dipelajari.
Simulasi
Gerak Parabola Game Angry birds:
Angry Birds merupakan game yang paling cocok untuk mengajar
gerak parabola. Kalau di game yang asli, kita cuma asal tarik tanpa tau berapa
kecepatan awal dan berapa sudut tembak nya.
Pada
game angry birds ini, kita diminta menembakkan burung dengan ketapel menuju
sasaran yang berupa babi. gerak burung menuju sasaran tembak merupakan gerak
parabola. Gerak Parabola merupakan perpaduan antara gerak lurus beraturan
(GLB)pada arah mendatar/horizontal dengan gerak lurus berubah beraturan
(GLBB)pada arah vertikal.
beberapa persamaan -
persamaan maupun teori fisika yang terdapat dalam game angry birds:
A. Hukum
Hooke
Hukum
Hooke adalah hukum atau ketentuan mengenai gaya dalam bidang ilmu
fisika yang terjadi karena sifat elastisitas dari sebuah pir atau
pegas. Besarnya gaya Hooke ini secara proporsional akan berbanding
lurus dengan jarak pergerakan pegas dari posisi normalnya.
Pada
game angry birds, hukum hooke berlaku pada karet ketapel yang digunakan untuk
membidik sasaran. Ketika hendak menembak burung "angry birds" dengan
ketapel misalnya, karet ketapel terlebih dahulu diregangkan (diberi gaya
tarik). Akibat sifat elastisitasnya, panjang karet ketapelakan kembali seperti
semula setelah gaya tarik dihilangkan.
Usaha
dan Energi:
a. Usaha
Pada
permainan angry birds, burung diberikan gaya dengan menggunakan ketapel agar
meluncur atau berpindah tempat menuju sasaran. Hal demikian merupakan suatu
bentuk usaha yang dilakukan oleh ketapel terhadap burung angry birds.
b. Energi
Karet
ketapel yang kita regangkan memiliki energi potensial. Karet ketapel dapat
melontarkan burung "angry birds" karena adanya energi potensial pada
karet yang diregangkan.
Sedangkan
setiap benda yang bergerak memiliki energi. Ketapel yang ditarik lalu
dilepaskan sehingga burung "angry birds" yang berada di dalam ketapel
meluncur dengan kecepatan tertentu. Burung "angry birds" yang
bergerak tersebut memiliki energi kinetik.
B. Hukum
Kekekalan Energi
Pada
game angry birds juga terdapat penerapan hukum kekekalan energi. Energi tidak
dapat dimusnahkan namun dapat di transformasikan dalam bentuk yang lain. Hal
ini dapat kita jumpai ketika menarik ketapel dan menghempaskan burung
"angry birds" menuju sasaran. Dalam hal ini terjadi perubahan bentuk
energi potensial menjadi energi kinetik.
Perubahan
energi biasanya melibatkan perpindahan energi dari satu benda ke benda lainnya.
Energi potensial yang tersimpan pada ketapel yang diregangkan, dapat berubah
menjadi energi kinetik burung "angry birds" apabila ketapel kita
lepas. Dari hal diatas juga dapat diambil kesimpulan bahwa pada perpindahan
energi selalu disertai dengan adanya usaha, dimana karet ketapel melakukan
usaha pada burung "angry birds."
Impuls,
Momentum Dan Tumbukan:
a. Momentum
Momentum adalah merupakan hasil kali
antara massa benda dengan kecepatan benda itu sendiri.
b.
Impul
Impul
adalah merupakan hasil kali antara gaya dengan lama waktu gaya itu bekerja,
atau gaya sesaat.
c.
Tumbukan
Ada
tiga jenis tumbukan yang kita kenal yaitu tumbukan Lenting sempurna, tumbukan
lenting sebagian dan tumbukan tidak lenting sama sekali.
judi sabung ayam
BalasHapus