Rabu, 18 Januari 2017

TEKNOLOGI NFC PADA GAME ANGRY BIRDS

TEKNOLOGI NFC PADA GAME ANGRY BIRDS



Nama Game   : Angry Birds

Platfom          : Mobile (iOS, Android, BlackBerry), PC (Mac, Windows)

Katagori         : Simulator

Pengembang  : Near Field Communication (NFC)

Batasan Usia  : Everyone

NFC singkatan dari “Near Field Communication”, satu teknologi wireless yang terintegrasi pada smartphone generasi baru. Pada OS Smartphone Android, kita dapat menemukannya pada Android versi 2.3 “Gingerbread” keatas. Tapi tidak semua smartphone memiliki fitur NFC, karena teknologi ini memerlukan chip terintegrasi didalam perangkatnya.
Nokia dan Rovio mengembangkan permainan Angry Birds versi baru yang menyediakan pengalaman bermain lebih asyik dengan dukungan teknologi near field communication (NFC). Teknologi transfer data nirkabel jarak dekat tersebut tidak akan dimanfaatkan untuk melakukan transaksi pembayaran, tetapi untuk menghubungkan pengguna permainan Angry Birds dari dua ponsel berbeda.
Teknologi NFC telah dikembangkan Nokia sejak tahun 2004 hingga menjadi standar. NFC merupakan teknologi masa depan yang akan menjadi alat bayar yang fungsinya seperti kartu kredit atau kartu debit.
Cara kerja Teknologi NFC:
NFC merupakan pengembangan dari teknologi RFID (Radio Frequency ID) yang banyak digunakan oleh perusahaan untuk mengelola identitas item barang. Peritel seperti Carrefour menggunakan RFID untuk menjaga keamanan barang-barang yg tergolong mahal. Pemilik mobil juga bisa memasang e-Toll di mobil mereka agar tidak perlu antre di loket Tol. E-Toll menggunakan teknologi RFID didalamnya.

1 komentar: